Minggu-minggu ini sudah masuk libur lebaran. Bagi yang nggak kebagian tiket mudik, atau yang memang memutuskan nggak mudik tahun ini, yang bisa menjadi penyelamat hanya buku, Netflix, dan tentu saja channel Yourube. So, here's beberapa channel youtube yang biasa kutonton untuk mengisi waktu luang --atau seringnya sih nunggu ketiduran di malam hari, apalagi kalau channel TV lagi nggak ada yang bagus, atau lagi nggak ingin nonton serial/film Netflix apapun.

Here we go!

1. Nessie Judge

Awalnya nggak sengaja nemu channel ini karena searching tentang konspirasi apa gitu --lupa. Nessie ini channelnya tentang daily vlog (kehidupan dan perkuliahannya di Prancis), chat history terseram, dan yang paling terkenal adalah neror (Nessie horror) yang kalau nggak salah update seminggu sekali. Aku selalu nunggu nerror, sih, meski nggak tiap minggu. Cuma nonton acak kalau judulnya menarik. Misalnya kayak kemarin nonton teori konspirasi tergila artis-artis internasional, atau keinginan paling aneh dari selebriti Holywood. Sebenarnya apa yang dibahas Nessie Judge ini semuanya ada di Google. Intinya dia merangkum dan menceritakan kembali, tapi bahasanya dia bagus dan asyik, jadi enak ditonton.

2. Korea Roemit
Aneh, kan, kenapa akhirnya aku nonton konten yang ada unsur 'Korea'-nya? Yang menarik dari channel ini adalah hostnya seorang Korea yang bisa berbahasa Indonesia --bahkan bahasanya medok, ya kayak kalau kamu ke Jawa Timur terus dengar orang lokal ngomong, medoknya gimana, nah kayak gitu! Hansol --si pemilik channel ini, orang Korea asli, tapi waktu kecil katanya ayahnya bangkrut atau apa gitu, akhirnya sekeluarga pindah ke Malang untuk (semacam) memulai hidup baru. Dia sekolah bertahun-tahun di Malang dan hidup di sana, makanya bahasanya jadi medok kayak orang lokal.

Tapi setahuku (karena aku juga gak memantau semua postingannya), dia sekarang di Korea lagi. Cuma ada kakak perempuannya di Jakarta. Kadang dia main juga ke Indonesia. Channelnya membahas macam-macam topik, mulai dari yang ringan misalnya mukbang, bahas tes psikologi, sampai skandal-skandal terkenal di Korea macam Burning Sun. Aku nggak nonton semua yang dia post sejujurnya, hanya beberapa yang lucu dan menurutku menarik. Sebagian besar yang kutonton biasanya mukbang.

3. Jurnal Risa

Ya, kalau yang ini nggak usah ditanya channel apa ya. Kayaknya hampir semua orang tahu Risa Saraswati. Seorang vokalis dari band asal Bandung -Sarasvati, sekaligus penulis cerita-cerita horror. Risa Saraswati ini punya beberapa teman hantu dan bisa berinteraksi dengan makhluk gaib. Katanya beberapa sepupunya pun demikian, dan Jurnal Risa adalah semacam rekaman perjalanan mereka mendatangi tempat-tempat serem. Cukup menegangkan dan di beberapa video penonton bisa bertanya dan akan 'dijawab' langsung oleh Peter CS (hantu anak-anak Belanda yang menjadi teman Risa sejak kecil). Aku tahu channel ini udah lumayan lama, tapi baru terpancing nonton karena diajak temen kantor. Mereka suka mantengin Jurnal Risa tiap kali rilis video, dan mau nggak mau waktu itu ikut nonton sekali. Hmm, ternyata lumayan seru, sih.

4. Sounds from The Corner
Kalau kamu suka denger musik, channel apa yang paling seru di Youtube? Yak, benar, Sounds From The Corner! Channel ini biasanya berisi pertunjukan live musisi-musisi lokal (bahkan band indie juga ada) dengan kualitas yang jernih dan bisa dinikmati selagi bersantai nunggu ngantuk --teteup. Aku follow channelnya udah lama, dan biasa aku buka kalau lagi suntuk butuh denger musik. 1 musisi / band biasa dapat jatah menyanyikan beberapa lagu sekaligus dan diunggah menjadi 1 video kompilasi.

5. Pita's Life
Sama seperti Nessie Judge, Pita's Life juga daily vlog. Bedanya kalau Pita ini fokus ke daily vlog doang, biasanya menceritakan keseharian dia dan keluarganya, atau sekadar mukbang. Pita ini orang manado yang nikah sama bule dari Texas dan pindah ke sana. Dua anaknya sering dibahas di video, terus kadang dia bahas Asian Store di sana, bahas keluarganya, bahas apa yang dia masak, dan sebagainya. Cuma belakangan kalau dia mukbang kayaknya videonya dipindah ke channel baru namanya Pita Show. Tapi so far cukup menarik, soalnya gaya bicaranya asik untuk ditonton --ya, kurang lebih sama seperti Nessie. 

Bonus: Omaruma
Udah kayak ciki, segala ada bonusnya. Tapi aku nggak tahan mau ngasih tau kalau aku nemu channel menggemaskan beberapa waktu lalu. Yak, namanya Omaruma, isinya tentang review produk-produk rumah tangga. Aku nggak sengaja nemu karena iseng nyari apakah ada mesin cuci mini portable yang lebih kecil dari mesin cuci pada umumnya, karena aku tinggal di apartemen, jadi akan lebih ringkas menggunakan itu (selama ini aku laundry). Eh, ternyata ada! Hahaha. Cuma memang belum berani langsung beli. Tapi reviewnya sudah ada di channel Omaruma. Dan kalau kamu butuh review barang-barang ajaib lainnya, banyak juga di sana. Aku kurang hapal dia update video berapa kali seminggu/sebulan, tapi coba subscribe dan pantengin aja.