Review: Resep Membuat Jagat Raya - Abinaya Ghina Jamela


Mungkin tidak semua pembaca buku mengenal nama Abinaya Ghina Jamela, tapi satu hal yang harus kalian percaya adalah bahwa anak ini punya imajinasi seluas langit. Saya di usia 9 tahun dulu mungkin tak akan ada apa-apanya dibanding Naya. Well, semua anak bisa saja menulis, bisa saja bercerita. Tapi tutur kata dan pemilihan diksi Naya dalam buku Resep Membuat Jagat Raya benar-benar komposisi yang ajaib. Saya seperti tidak membaca tulisan karya anak umur 9 tahun.

Pada kata pengantar, ibu Naya membenarkan bahwa setelah lepas dari jerat televisi, anaknya banyak membaca buku dan menggambar. Hal itulah yang kemudian memancing Naya untuk berkarya. Beragam puisi yang dimuat dalam buku ini sebenarnya berangkat dari tema yang sangat sederhana; misalnya dari teman-teman sekelas Naya di sekolah, film yang ditontonnya di bioskop, benda-benda yang dibeli ibunya, kue yang mereka masak, atau bahkan pertemuannya dengan teman-teman sang ibu. Bedanya, Naya bisa meramu semuanya menjadi kata-kata yang sangat indah untuk dibaca. 

Beberapa favorit saya adalah puisi-puisi berikut.
Blurb sekaligus puisi yang diambil untuk menjadi judul bukunya
atau mau kisah paling sederhana? Ini tentang Dory si ikan pelupa

Tapi puisi yang bikin saya takjub pada Naya adalah puisi berjudul Bertemu Om Saut yang menceritakan pertemuannya dengan penyair Saut Situmorang, serta puisi lain yang judulnya Anak Lelaki Berpiyama. Jika boleh menebak, puisi ini sepertinya berangkat dari sebuah film berjudul The Boy in the Striped Pajamas (2008) yang menceritakan persahabatan anak komandan NAZI dengan anak Yahudi. Keduanya sering main bersama, hingga si anak komandan terjebak bersama orang-orang Yahudi dan ikut terbunuh dalam kamar gas beracun. Pertemanan polos itulah yang kemudian dituliskan menjadi puisi. Ajaib, anak seumuran Naya menggambarkan apa yang ditontonnya dengan sangat baik, kemudian menjadikannya sebuah puisi yang indah. 

Naya bisa ditemui di website pribadinya (keren binggo, kan, udah punya website sendiri. Aku butiran debu. Heuheu). Oh iya, Resep Membuat Jagat Raya bisa didapatkan di toko-toko buku indie. Saya membelinya seharga Rp 40.000,- di Ak.sa.ra. Kemang. Sepertinya di Post Santa juga ada. Sebenarnya selain buku puisi ini, Naya juga punya buku kumpulan cerpen --nggak sengaja lihat di rak tadi, tapi belum dibeli karena sedang tidak mood baca cerita pendek. Mungkin kali yang lain akan coba beli juga. Senang bisa membaca karya penulis cilik sehebat Naya, semoga ia terus berkarya dan berkarya lagi --mengantarkan keajaiban-keajaiban lain kepada pembaca di seluruh dunia.

0 Comments